Senin, 13 Juni 2011

Humanisme , Dalam Pemikiran di Indonesia oleh : GM

     HUMANISME  , Dalam Pemikiran di Indonesia oleh : GM

     Tentang Persona dan Subyektivasi . Kisah humanisme dalam pemikiran inteligensia Indonesia adalah kisah terbentuknya subyek ini bermula dari masa kolonial dan perlawanan terhadap apa yang mengekang di masa itu sejak "aku"  yang malu - malu dalam surat - surat Kartini sampai dengan tokoh Farid yang bertempur dalam novel Pramoedya Ananta Toer , Di Tepi Kali Bekasi .

     Saya kutip sepucuk surat Kartini.....aku ingin ( menulis di surat kabar ) tapi tidak dengan namaku sendiri aku ingin tetap tidak dikenal.....
Di Hindia ini jika seseorang mendengar tentang artikel - artikel yang ditulis perempuan Jawa , mereka akan segera tahu siapa menulis tulisan itu (14 Maret 1902) dalam surat itu juga dalam keseluruhan surat - surat Kartini yang termasyur itu , kita menemui seorang tokoh yang hadir sebagai persona .

Aspek diri yang dihadirkan kepada oarang lain dan / atau dipersepsikan oleh orang lain sebenarnya hanya secara terbatas kita mengenal Karini , Persona adalah sebuah modus bagaimana Kartini yang "ingin tetap tidak dikenal" itu , dan hanya kita ketahui dari korespondensinya , merepresentasikan diri sebagi respon terhadap orang lain tempat ia berbicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar